Tips Merawat Sepatu Agar Tetap Cantik

Siapa sih yang tidak bete bila penampilan rusak hanya gara-gara muncul bercak di sepatu kesayangan? Padahal salah kita juga bila kita kurang perhatian terhadap cara menyimpan sepatu.

Make up sudah dipulas dengan manisnya di setiap sisi wajah, Anda pun bergaya di depan kaca memastikan tak ada sisi kosong atau terlalu berlebihan. Kemudian Anda ambil gaun yang sudah Anda siapkan, ok cantik deh kini tinggal menyambar tas dan sepatu yang pas untuk Anda. Tetapi betapa terkejutnya Anda tatkala Anda menemukan sepatu Anda bagaikan bola kapas putih yang ditumbuhi jamur di seluruh bagiannya.

Tak hanya di sepatu kulit Anda, high heels, sepatu kets dan kanvas milik adik Anda pun ternyata ditumbuhi jamur yang menyebalkan tersebut.

Menjengkelkan memang mendapati semua sepatu kesayangan Anda ditumbuhi jamur dengan suburnya, padahal Anda menyimpannya di dalam kotak dan kelihatannya akan aman dari segala macam serangan jamur, ngengat atau kecoak. Tetapi masih saja sepatu itu bisa rusak ya?

Hmmm… Hati-hati menyimpan dan merawat koleksi sepatu kesayangan Anda. Jika selama ini Anda merasa sudah merawat dan ternyata jamur masih tumbuh, ikuti beberapa petunjuk di halaman berikut ini yang pastinya akan mengusir jauh-jauh aneka jamur yang tumbuh di sepatu.

Bahan Kulit

Bahan kulit murni begitu nyaman dikenakan di kaki, sangat elegan dan tentu saja harganya mahal. Sayang sekali butuh perawatan ekstra untuk yang satu ini, walaupun indah, sepatu kulit sangatlah rapuh dan mudah rusak.

Sepatu kulit harus diletakkan di tempat yang kering dan nyaman, agar tak ditumbuhi jamur. Namun tidak boleh diletakkan di tempat yang sangat panas, karena bahan kulit bisa kering dan pecah-pecah. Hmm… lalu bagaimana perawatannya?

Tips merawat sepatu kulit:

1. Bersihkan semua sisa debu dan kotoran yang menempel setiap kali Anda selesai mengenakan sepatu Anda. Jika perlu basuh dengan air hangat dan keringkan dengan lap. Jangan biarkan ada sisa air yang menempel, tepuk-tepuk sepatu dan angin-anginkan hingga kering.

2. Jangan lupa mengolesi moisturizer sebelum menyimpan sepatu Anda. Pelembab juga sangat dibutuhkan sepatu agar ia tidak kering. Jika Anda tak menemukan pelembab khusus sepatu, Anda bisa menggunakan hand body lotion Anda.

3. Simpan sepatu di dalam plastik kemudian bungkus rapat, masukkan ke dalam kotak yang sudah diberi beberapa silica gel. Silica gel ini membantu mengurangi kadar air, menjaga kelembabannya, dan menjauhkan dari ngengat serta kecoak.

Bahan Kulit Sintetis

Jika ada bahan kulit asli dan murni, saat ini hadir banyak sepatu yang bahannya merupakan kombinasi antara kulit dan bahan sintetis. Harganya cenderung lebih murah, warnanya beraneka ragam dan desainnya lebih bermacam-macam ketimbang sepatu kulit murni.

Hampir sama dengan sepatu kulit, perawatan sepatu kombinasi ini juga membutuhkan perhatian ekstra. Sepatu sintetis ini lebih tidak tahan air, mudah pecah-pecah dan rapuh.

Tips merawat sepatu sintetis:

1. Pastikan sepatu dalam keadaan bersih saat Anda akan menyimpan kembali pada kotak sepatu. Bersihkan sepatu dari debu dengan sikat, atau Anda bisa membersihkannya dengan lap yang agak basah. Hindari untuk mencuci langsung dengan deterjen dan air karena ini akan membuat bahan semakin rapuh.

2. Keringkan, angin-anginkan di tempat yang teduh sampai Anda yakin benar-benar kering, kemudian simpan di dalam kotak.

3. Jangan lupa menaruh silica gel atau penyerap air agar kelembaban sepatu Anda terjaga.[break]

Bahan kets atau kanvas

Untuk perawatan kedua sepatu ini relatif hampir sama. Anda bisa mencucinya dengan sabun dan air, namun pastikan Anda membilasnya sampai benar-benar bersih agar bahan tidak rusak.

Sekalipun deterjen membantu membersihkan sepatu dari kotoran, jika Anda tidak membilasnya hingga bersih, maka sepatu akan sangat rapuh dan mudah rusak.

Tips membersihkan sepatu kets dan kanvas:

1. Pastikan Anda mencuci bersih sepatu dengan deterjen dan membilasnya dengan air yang bersih sampai sepatu tak meninggalkan gelembung-gelembung sabun.

2. Keringkan di tempat yang sedikit ada sinar matahari dan angin. Jangan dijemur di tempat yang terlalu teduh supaya air cepat menguap.

3. Saat sudah kering semprot sepatu dengan antiseptik. Masukkan ke dalam kotak sepatu yang telah diberi silica gel.

Apapun kegiatan Anda, sepatu Anda akan tetap bersih, siap dipakai dan nyaman.