CARA MERAWAT SEPATU

Sepatu memiliki banyak jenis, ada sepatu boot, khusus dipakai untuk olahraga, untuk pesta, hingga untuk sekolah sekali pun. Semuanya ada di dalam berbagai merek. Bahannya juga beraneka macam, ada yang dari bahan karet, kain keras, gore tex sampai bahan kulit atau suede.

Nah, agar sepatu dapat awet dan tetap tidak pudar warnanya, nggak ada salahnya memperhatikan langkah-langkah di bawah ini supaya sepatu anda tetap berkilau dan awet tentunya !.

1. Sebelum disimpan, sepatu harus dibersihkan dulu. Dicuci dengan air saja atau pakai sampo khusus seperti misalnya sneaker sampo buatan Kiwi. Sepatu dari bahan suede dan kulit perlu disikat dengan sikat khusus sepatu. Caranya, sikat direndam dulu dalam air. Ada juga bahan pembersih semprot untuk suede/kulit, misalnya leather cleaner buatan cololite.

2. Setelah bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan langsung kena sinar matahari. Lalu simpan, jangan di dalam kardus karena akan lembab dan terkena jamur. Boleh pakai silica gel, tapi harus diganti silikanya tiap 2 minggu. Paling baik sepatu disimpan di rak yang terbuka dengan posisi sepatu berdiri.

3. Gunakan ganjalan dalam sepatu untuk menjaga bentuk. Kalau tidak punya ganjal khusus, bisa juga menyumpal bagian dalamnya dengan potongan koran.

4. Kalau bagian sepatu ada yang lepas, rekat kembali dengan lem super atau aica aibon. Ingat, tiap perusahaan sepatu memakai lemnya sendiri, jadi lebih baik dilakukan oleh pembuat sepatunya.

5. Setelah itu, sepatu bisa disemprot dengan bahan pelindung, misalnya protector buatan dasco. Bahan ini sekaligus melindungi sepatu agar kedap air. Jika ada, tutupi bagian plastik (sol misalnya). Ada juga bahan parafin / wax khusus sepatu untuk menutup bagian jahitan antara badan sepatu dengan sol supaya tidak bocor.

6. Jangan buang kotak sepatu, gunakannlah untuk menyimpan sepatu yang tidak sering di pakai atau bisa digunakan tas dari kain flanel.